Jumat, 02 Maret 2012

TUGAS 1

a.  Sebutkan dan jelaskan macam-macam sistem ekonomi

System ekonomi yaitu suatu sistem yang digunakan pada masalah perekonomian. Ada 4 sistem ekonomi, yaitu :
      
      1.       Sistem ekonomi pasar

  Suatu sistem ekonomi yang diatur sepenuhnya dalam mekanisme pasar, yaitu  kekuatan penawaran dari penjual dan kekuatan permintaan dari pembeli. Dalam sistem ekonomi pasar ini masyarakatnya dapat mencari untung yang lebih besar, karena sistem ini pun diatur dengan mekanisme pasar. Sistem ekonomi pasar dapat dicirikan : pemerintah sebagai pengawas, yang menjalankan adalah masyarakat/swasta, persaingan dilakukan secara bebas.
  
      2.       Sistem ekonomi terpusat

Suatu sistem ekonomi yang diatur secara terpusat, yaitu sistem ini dikendalikan oleh pemerintah dengan peraturan-peraturan yang telah dibuat/tertera. Sistem ini dapat dicirikan : pemerintah menguasaiu sumber daya, peraturan perekonomian berada pada pemerintah. Sistem ini tidak mementingkan kepentingan individu.
      
      3.       Sistem ekonomi tradisional

Suatu sistem ekonomi yang dilakukan para masyarakat tradisional, hasil dari sistem turun temurun dalam suatu kelompok. Contoh dari sistem ini yaitu : BARTER(menukar barang dengan barang) . tetapi pada zaman sekarang ini, hanya sedikit sekali yang masih melakukan sistem ekonomi seperti BARTER.
      
      4.       Sistem ekonomi campuran

Suatu sistem ekonomi hasil dari pencampuran antara sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat. Sistem ekonomi ini antara pasar dan pemerintah saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah yang ada di dalam lingkup perekonomian.

b.  apa yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran

Permintaan (Demand) yaitu besar jumlah barang yang diminta sesuai kebutuhan pasar dengan harga tertentu dan periode tertentu.

Penawaran(Supply) yaitu  besar penawaran barang dari penjual pada pasar dengan harga tertentu dan periode tertentu.

Permintaan dan penawaran ini berpengaruh untuk menentukan harga dan kuantitas barang yang terjual. Model ini digunakan untuk memantau perilaku penjual dan pembeli, serta interaksi mereka dipasar.

c. apa yang anda ketahui dengan hukum permintaan dan penawaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya

Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi: “Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.” . Permintaan seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang ditentukan oleh faktor-faktor, diantaranya :

1.      Harga barang itu sendiri
2.      Harga barang lain
3.      Pendapatan konsumen
4.      Cita rasa
5.      Iklim
6.      Jumlah penduduk
7.      Ramalan masa yang akan datang

Hukum penawaran adalah bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Dengan demikian bunyi hukum penawaran berbunyi: “Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.” Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor :

1.      Harga
2.      Harga barang lain
3.      Biaya faktor produksi
4.      Teknologi
5.      Tujuan perusahaan
6.      Ekspektasi (ramalan)

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar