Sabtu, 03 Maret 2012

TUGAS 2

a.   Apa yang anda ketahui tentang produksi dan fungsi produksi
 
Produksi dapat diartikan sebagai membuat, mengadakan, menciptakan suatu barang/ benda untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, yang biasanya akan dipasarkan.

Fungsi produksi adalah suatu hubungan matematis yang menggambarkan jumlah hasil produksi tertentu yang  ditentukan oleh jumlah faktor produksi yang digunakan, dan sebagai pertanggung jawaban suatu masukan menjadi keluaran berupa barang atau jasa. Jumlah hasil produksi merupakan “dependent variabel” dan jumlah faktor produksinya sebagai “independent variabel”.

b.   Jelaskan jenis-jenis Pasar Monopoli, Oligopoli, Persaingan Sempurna


Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu penjual sehingga ia jelas-jelas menguasai seluruh penawaran dan memperoleh keuntungan yang besar sebab ia dapat menentukan harga. Jenis-jenis monopoli dibedakan :

  • Monopoli alamiah, yaitu monopoli yang disebabkan oleh keadaan alam tertentu ataupun yang disebabkan oleh adanya bakat khusus melebihi orang lain. 
  • Monopoli undang-undang, yaitu monopoli yang diberikan oleh pemerintah melalui peraturan undang-undang baik kepada swasta maupun monopoli yang dikuasai atau dimiliki oleh negara dengan ketetapan undang-undang.

-   Contoh monopoli undang-undang kepada swasta : adanya pemberian hak paten, hak cipta, hak konsesi, hak merek dagang dan sebagainya.
-  Contoh monopoli yang dipegang oleh Negara dengan ketetapan undang-undang, yaitu Bank Indonesia, PT PLN (Persero), PT Postel, Perum Kereta Api dan sebagainya.

  • Monopoli karena perjanjian, yaitu monopoli melalui perjanjian kerja sama dengan orang/perusahaan lain dengan tujuan mengurangi persaingan atau menguasai perusahaan lain.

Pasar oligopoly adalah suatu kondisi pasar yang hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. Sedikitnya jumlah penjual dikarenakan besarnya biaya investasi awal sehingga mengecilkan niat pesaing baru yang ingin masuk. Contohnya adalah industry mobil.



Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen sangat banyak dan tidak terbatas serta produk yang homogen. Contonhya : beras, kentang, dll.

Sumber :  
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/10/pasar-persaingan-sempurna-perfect.html
http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2134027-pasar-monopoli/
dyhretnow.blogspot.com/2011/12/pasar-oligopoli.html
http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2265675-fungsi-produksi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar